Tips Mudah Pasang Keramik Lantai

Gaya Hidup

Cara pemasangan keramik lantai sangat mudah dikerjakan. Pertama buat permukaan tanah menjadi rata dan sudah diberi lapisan cor. Kemudian buat garis bantu dari tali yang menjadi pedoman pemasangan keramik dan penentuan garis siku yang terdiri dari dua arah. Garis siku ini menjadi titik awal untuk memasang atau meletakan keramik. Tentukan ketinggian yang disesuaikan dengan ukuran tebal keramik. Memang untuk pemasangan keramik lantai tidak lah sembarangan namun jika anda mengerti alur pemasangannya maka peamasangan keramik lantai ini akan mudah untuk dipasang.

Awal pemasangan harus dilakukan dari bagian tepi yang meletak pada dinding dan membentuk garis yang lurus dan terdiri dari satu baris saja dulu. Bila semuanya sudah sesuai dengan ukuran, keramik bisa dipasang secara permanen menggunakan adonan semen dan pasir. Waktu menuang adonan ini, sebaiknya jangan terlalu banyak dan lebar. Karena jika sudah terlanjur kering hasil penempelan atau perekatan menjadi tidak sempurna. Ini bisa membuat keramik lantai jadi lebih mudah lepas. Bila bagian pinggir sudah terpasang dengan baik dan sempurna lanjutkan pengerjaan pada bagian yang ada di tengah satu persatu hingga semua bagian lantai tertutup. Yang perlu diperhatikan, nat lantai keramik sebaiknya menggunakan ukuran sekitar empat sampai lima millimeter. Sedangkan bagian yang ada di tepi, cukup dua millimeter saja.

Setelah semua dikerjakan, langkah berikutnya tinggal mengisi nat menggunakan adonan semen tanpa campuran pasir lagi. Ada baiknya semen yang dipakai punya warna yang selaras dengan warna keramik sehingga bisa menghasilkan tampilan yang lebih bagus. Dan agar bisa masuk secara maksimal, tekan adonan semen ini dengan potongan karet. Jika tak ada bisa diganti dengan potongan sandal bekas. Selanjutnya pekerjaan terakhir tinggal membersihkan adonan semen atau pasir yang masih melekat di permukaan lantai. Sebelumnya pastikan dicelah celah antara sisi keramik lantai harus tertutup dengan adonan semen khusus, dan usahakan jika semen tersebut benar – benar bersih dari kerikil kecil agar nantinya memper mudah anda untuk mengoleskan ke sisi keramik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *