Kenali Beberapa Hal Berikut Sebelum Gesek Tunai

Teknologi

Di jaman yang serba teknologi saat ini telah banyak perkembangan-perkembangan yang beberapa diantaranya menghasilkan keuntungan bagi kelangsungan hidup manusia. Tak terkecuali dalam masalah finansial. Kartu kredit saat ini telah banyak digunakan oleh orang-orang sebagai alat yang dapat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terutama adanya fasilitas gesek tunai, tentu membuat orang semakin mudah dalam hal tarik tunai. Kebanyakan orang melakukan hal ini karena sedang terdapat kebutuhan yang mendesak. Anda pun jika memiliki kartu kredit tersebut, sebaiknya gunakan sesuai dengan kebutuhan karena bisa saja Anda akan terbebani dengan biaya akumulasi untuk pelunasan.

Berikut 3 hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan gesek tunai:

  1. Biaya potongan

Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda melakukan penarikan tunai melalui suatu merchant dengan kartu kredit, hal tersebut tidaklah gratis. Tentu Anda akan dikenakan biaya yang biasa disebut dengan bunga. Biasanya kartu kredit akan mengenakan biaya sebesar 4%. Dan biaya tersebut langsung dipotong ketika penarikan. Jadi, semakin besar jumlah uang yang Anda tarik, semakin besar pula biaya potongannya.

  1. Terdapat batasan minimal penarikan

Hal kedua yang perlu Anda ketahui yaitu terdapat batasan penarikan ketika Anda melakukan gestun. Biasanya setiap kartu kredit akan mempunyai batasan nilai untuk tarik tunai berdasarkan nilai yang telah ditetapkan. Dan biasanya nominal yang ditetapkan yaitu di bawah nilai limit belanja dan juga tarik tunai.

  1. Lunasi dengan penuh dan tepat waktu

Jika Anda telah menggunakan fasilitas tarik tunai dari kartu kredit Anda, maka Anda harus memenuhi kewajiban Anda untuk membayar seluruh biaya yang telah Anda tarik tersebut. Pastikan Anda melunasi hutang Anda secara penuh dan juga tepat pada waktunya artinya sebelum jatuh tempo. Jadi, akan lebih baik jika Anda membayar secara full payment, bukan pada minimum payment. Hal ini ditujukan agar Anda tidak terjebak dengan hutang dari bunga yang seiring waktu terus bertambah.

Jadi, sebelum Anda melakukan transaksi kartu kredit menggunakan fasilitas gesek tunai, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal di atas. Jangan sampai Anda salah menggunakan fasilitas gestun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *