Kapan Tanda Pembuahan Berhasil Mulai Muncul dan Terlihat?

Kesehatan

Setelah berhubungan intim, tentunya hal yang Anda tunggu-tunggu adalah kabar gembira bahwa Anda berhasil hamil. Namun hal ini tentunya membutuhkan beberapa hari atau bahkan munggu agar tanda pembuahan berhasil mulai muncul dan terlihat. Lantas sebenarnya kapan sih tanda pembuahan sudah berhasil mulai muncul dan terlihat sebagai gejala awal pembuahan? Yuk simak.

Kapan Gejala Hamil Mulai Muncul Setelah Berhubungan Intim?

Gejala hamil dapat mulai muncul dan terlihat dalam beberapa haru atau bahkan minggu tergantung dari tiap individu. Pasalnya tanda pembuahan berhasil pada setiap individu akan muncul dalam waktu yang berbeda-beda. Bahkan tak jarang wanita yang tidak mengalami gejala apapun sehingga mereka tak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Beberapa gejala umum yang mungkin terjadi setelah berhubungan intim antara lain morning sickness, mual, muntah, mudah lelah, perubahan suasana hati, payudara terasa penuh, lebih sensitif, dan lain sebagainya. Gejala ini akan mulai terjadi dan mulai terlihat pada minggu ke 5 atau ke 6 di awal masa kehamilan.

Belum Tentu Gejala Ini Adalah Gejala Hamil

Meski Anda sudah merasakan mual, muntah, pusing, mudah lelah, kram perut, dan berbagai gejala awal kehamilan lainnya setelah berhubungan intim jangan langsung percaya bahwa Anda sedang hamil. Pasalnya tak semua gejala di atas merupakan gejala awal kehamilan. Sebab gejala awal kehamilan juga hampir mirip dengan gejala menstruasi yang sulit untuk dibedakan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan apakah Anda benar-benar hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Meski Anda harus menunggu beberapa waktu hingga melewati masa menstruasi Anda berikutnya, namun cara ini dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Tes kehamilan dapat Anda lakukan sendiri di rumah menggunakan test pack atau memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Apa Saja Gejala yang Terjadi di Awal Masa Kehamilan?

Pada umumnya gejala yang terjadi di awal masa kehamilan pada masing-masing pribadi cenderung berbeda-beda. Pasalnya ada juga beberapa wanita yang tidak merasakan gejala awal kehamilan dan tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Terlebih lagi gejala awal kehamilan hampir mirip dengan gejala akan menstruasi dan sangat sulit untuk dibedakan.

Beberapa gejala awal masa kehamilan yang mungkin terjadi adalah telat haid, mudah lelah, mual dan muntah, kram perut yang disertai bercak darah, perubahan payudara, moring sickness, perubahan suasana hati, mengidam, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda sudah melewati masa menstruasi, jangan langsung beranggapan bahwa Anda sedang hamil. Pasalnya berhentinya masa haid juga bisa disebabkan karena beberapa faktor tertentu. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat.

Nah di atas merupakan beberapa ulasan mengenai kapan tanda pembuahan berhasil akan mulai muncul dan terlihat. Pada umumnya gejala awal masa kehamilan setiap orang relatif berbeda-beda. Jadi ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala awal kehamilan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *