Ini Dia Tips Memilih Tempat Penyimpanan ASI Perah

Kesehatan

Image result for Cooler Bag ASI

Bagi para ibu yang ingin menyimpan stok ASI bagi si kecil, memilih tempat penyimpanan ASI perah merupakan hal yang penting. Ada dua wadah penyimpanan yang biasa digunakan yaitu dalam bentuk botol dan kantung plastik. Jika Anda masih bingung memilih, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Mudah Dibersihkan

Hal pertama yang patut Anda perhatikan sebelum memilih tempat penyimpanan ASI perah baik botol kaca maupun plastik adalah mudah dibersihkan. Tempat penyimpanan ASI perah harus mudah disterilkan apalagi jika dipakai secara berulang. Botol kaca bisa menjadi pilihan karena lebih mudah dibersihkan dan disterilkan.

Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Jika menggunakan botol kaca, Anda tidak perlu khawatir adanya bahan kimia berbahaya pada wadah penyimpanan ASIP. Namun jika Anda memilih botol plastik atau kantung plastik, pastikan wadah yang Anda gunakan terbebas dari BPA (Bisphenol A). Senyawa kimia berbahaya ini bisa terurai jika terkena panas dan berbahay saat disterilkan.

Mudah Dibawa

Fleksibilitas merupakan hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan. Pastikan wadah ASIP mudah dibawa dan ditempatkan dalam cooler bag atau kulkas sebagai tempat penyimpanan sementara. Ukuran dan volume wadah ASIP juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis Wadah Penyimpanan ASIP

Saat ini ada setidaknya dua jenis wadah penyimpanaan ASI perah. Wadah tersebut berupa botol baik kaca maupun plastik juga kantung plastic satu kali pakai. Masing-masing jenis wadah memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berikut uraian selengkapnya.

Botol Kaca

Botol berbahan kaca biasanya paling sering digunakan. Selain karena lebih ekonomis dan bisa digunakan berulang-ulang, botol berbahan kaca juga lebih mudah dibersihkan dan disterilkan sebelum pemakaian. Lemak ASI yang mungkin menempel pada wadah juga lebih mudah hilang.

Kekurangannya, botol berbahan kaca ini lebih sulit jika harus dibawa saat bepergian. Risiko botol kaca pecah atau tersenggol dan tumpah juga lebih tinggi. Namun jika Anda ingin berinvestasi dengan memilih wadah penyimpanan ASI berkualitas, botol berbahan kaca ini bisa menjadi pilihan karena dapat digunakan untuk beberapa tahun ke depan.

Botol Plastik

Botol berbahan plastik juga bisa menjadi pilihan bagi wadah penyimpanan ASI. Botol plastik ini cenderung lebih ringan dan mudah dibawa. Biasanya ada juga cooler bag yang sudah menyediakan botol plastik satu paket dengan cooler bag-nya. Menggunakan botol plastik, Anda juga lebih mudah memberikan stok ASI pada si kecil.

Kekurangannya, botol plastik lebih sulit dibersihkan. Lemak ASI yang menempel biasanya memerlukan perlakuan ekstra untuk menjadikannya lebih higienis. Mensterikan botol plastik dengan air panas juga lebih berisiko karena bisa saja kandungan kimia dalam plastik ikut larut dan tercampur dengan ASI.

Kantung Plastik

Kantung plastik khusus penyimpanan ASI perah juga sudah banyak beredar di pasaran. kantung plastik ini umumnya sudah disterilkan sehingga Anda hanya tinggal menggunakannya saja. Kantung plastik seperti ini tidak banyak mengambil space pada tempat penyimpanan dan juga mudah dibawa.

Kekurangannya, karena hanya satu kali pakai biaya yang Anda keluarkan dengan menggunakan kantung plastik mungkin lebih besar daripada botol berbahan kaca atau plastik. Namun wadah penyimpanan ini lebih aman dan tidak bocor jika harus dibawa saat bepergian.

Itulah sedikit tips memilih wadah penyimpanan ASI perah. Anda bisa membeli semua perlengkapan menyusui seperti di atas melalui orami.co.id. Ada voucher promo 11 11 yang memberikan penawaran diskon hingga lebih dari 50% untuk semua produk.

Promo 11 11 akan berlangsung pada tanggal 11 November 2018 untuk semua produk keperluan bayi, ibu hamil dan ibu menyusui. Promo ini berlaku untuk semua cara pembayaran baik melalui transfer, menggunakan kartu kredit dan cash on delivery di tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *