Kesehatan

Calon Ibu Muda, Berikut Tanda Kehamilan dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil

Bagi pasangan yang baru saja menikah, menunggu kehadiran momongan di tengah keluarga merupakan hal yang wajar. Harapan untuk segera memiliki buah hati selalu ada meski dilalui dengan tetap sibuk dan produktif seperti biasa. Terkadang hal ini membuat istri atau calon ibu kurang memperhatikan bahwa sudah ada tanda kehamilan yang terjadi di dalam perut. Ketidaktahuan dapat berimbas pada masalah kesehatan ibu dan janin karena bisa jadi ibu masih melakukan hal-hal yang sebaiknya sudah tidak dilakukan lagi jika positif mengandung. Contohnya adalah bekerja terlalu lelah, mengkonsumsi terlalu banyak kafein ataupun makanan yang kurang sehat lainnya. Agar hal ini tak terjadi pada Anda, maka sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih tanda mengandung untuk calon ibu.

Saat mulai mengandung, terjadi perubahan hormonal hingga bentuk fisik seorang wanita bahkan secara psikologisnya. Namun jika usia kehamilan masih sangat muda, perubahan tersebut memang belum terlalu terlihat sehingga sulit diketahui secara mudah. Berikut ini adalah beberapa tanda jika Anda sudah berbadan dua yang dapat terjadi di usia kehamilan muda sebagai indikator awal apakah Anda sudah mengandung atau bukan:

  1. Terlambat datang bulan.
    Jika Anda sebelumnya selalu mendapatkan haid dengan periode teratur dan sekarang ini menjadi telah lebih dari 5 hari apalagi satu minggu, maka besar kemungkinan jika Anda sudah berbadan dua jika melakukan hubungan seksual setelah periode menstruasi terakhir. Namun selain karena hamil, terlambat bulan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti stress atau kelelahan fisik.
  2. Payudara membesar.
    Perubahan di awal kehamilan juga terjadi di area payudara dan puting. Jika sebelumnya payudara membesar saat menjelang menstruasi dan kembali normal setelah menstruasi berakhir, kali ini payudara akan lebih membesar dan menetap. Puting juga akan mengalami perubahan ukuran menjadi lebih besar dan menggelap. Pembesaran payudara ini seringkali disertai rasa nyeri dan menjadi lebih sensitif.
  3. Terdapat flek merah atau coklat.
    Jika Anda tak kunjung mendapatkan menstruasi dan timbul flek di celana dalam berupa satu atau dua tetes darah saja, maka besar kemungkinan Anda sudah positif mengandung. flek terjadi karena proses tertanamnya embrio di dalam rahim yang menyebabkan rahim sedikit terluka dan berdarah. Peristiwa ini normal terjadi di usia kehamilan yang ke 10 – 14 hari setelah pembuahan.
  4. Tubuh cepat lelah.
    Tubuh wanita hamil akan cepat lelah bahkan meski tak melakukan apa-apa. Hal ini disebabkan karena selama hamil, wanita menghasilkan hormon progesteron dalam jumlah banyak dan mempengaruhi metabolisme secara keseluruhan.
  5. Mual dan muntah.
    Di trimester awal, ibu akan sering mengalami mual hingga muntah khususnya di pagi hari. Kemunculannya berbeda-beda pada setiap wanita antara mulai usia kehamilan 2 minggu hingga 6 minggu. Morning sickness akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan adaptasi tubuh.

Jika Anda sudah memiliki beberapa tanda kehamilan di atas, besar kemungkinan sudah ada janin di dalam rahim Anda. Untuk memiliki kehamilan yang sehat hingga datang waktu melahirkan, ada beberapa persiapan yang tak boleh lupa untuk dilakukan yaitu makan makanan bergizi seimbang, mengkonsumsi susu hamil, melakukan senam hamil dan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil serta menjauhi stress dan kelelahan baik secara fisik maupun psikis. Periksakan kehamilan Anda sebulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan janin dan mencegah terjadinya masalah selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *