Berapa Sih Harga Sebuah Logo?

Lain Lain

Masalah harga jasa buat logo merupakan kesulitan bagi kebanyakan desaigner. Banyak yang menempuh pendidikan lanjutan dengan memilih jurusan desain grafis atau ikut kursus tetapi masih bingung menentukan harga desain logo yang sesuai. Terlebih bagi para pekerja lepas atau freelancer yang mempelajari desain secara otodidak. Bagi yang tergabung di komunitas designer barangkali memiliki komunitas designer yang masih tergolong dalam menentukan harga desain grafis, tetapi bagi yang tidak tergabung di komunitas pastinya akan bingung dan bertanya tentang cara menentukan harga desain logo. Akhirnya banyak pekerja desain yang memasang harga desain grafis, khususnya logo dengan harga di bawah standar dan tergolong harga murah. Bahkan ada juga kawan kami yang dimintai pembuatan logo dengan harga gratis.

Sebagai seorang desaigner yang bergelut dengan dunia desain secara otodidak, atau tidak menempuh pendidikan maupun kursus desain grafis. Tentu Anda harus mendalami dunia perdesainan, khususnya membuat sebuah logo yang tidak mudah. Banyak orang yang kesulitan dalam menentukan harga desain, apalagi ketika berkecimpung pertama kali. Namun, setelah mendalami pekerjaan sebagai designer logo, banyak orang yang sudah menentukan harga jual dengan hitungan yang cukup fair untuk designer maupun untuk klien, serta kedua belah ppihak merasa tidak dirugikan dengan tarif jasa buat logo.

Cara Sederhana Menghitung Jasa Buat Logo

Rata-rata para designer logo mengerjakan satu desain bisa mencapai tiga hari, dengan alternatif desain lainnya. Untuk membuat perhtingan ketika menjadi designer, kami sudah menuliskan informasi penting yang bisa Anda simak di bawah ini.

  • Rata-rata UMR di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 2.800.000. Hitungannya adalah, 2.800.000 : 26 hari kerja. Berarti, hasilnya adalah 107.500 × 3 hari (proses pengerjaan desain logo) 322.500.
  • Biaya listrik per bulan 200.000 : 30 hari. Hasil hitungannya, adalah 6.700 × 3 hari (proses pengerjaan desain logo) = 20.100.
  • Paket data internet, semisal menggunakan internet rumahan, seperti Speedy. Maka hitungannya adalah 250.000 : 30 hari, hasilnya adalah 8.500 × 3 hari = 25.500.
  • Konsumsi per hari, misal Anda adalah anak indekost, maka harus mempertimbangkan poin ini. Andaikan per hari Anda menghabiskan 30.000 untuk makan dan minum. Hitungannya adalah 30.000 × 3 hari = 90.000.
  • Biaya operasional semisal Anda membeli laptop dengan cara kredit. Anggap saja 500.000 : 30 hari = 16.700 × 3 hari = 50.100.
  • Cicilan kantor maupun biaya bensin dengan nominal 300.000 : 30 hari = 10.000 × 3 hari = 30.000.
  • Total yang diperlukan untuk harga membuat desain logo minimal Rp538.200. Jika dibulatkan, berarti 540.000. Itu adalah harga minimalnya, atau bisa saja lebih mahal berdasarkan proses pengerjaan, besar atau kecil, hingga penyesuaian dengan klien.

Harga tersebut hanyalah harga yang tampak mata dan harus dibayarkan klien unutk Anda kalau proses desain logo memakan waktu lebih dari satu maupun tiga hari. Padahal, setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam mengerjaan desain logo, ada yang satu hari, bahkan ada yang lima hari. Belum lagi logo yang sudah selesai dan dikirimkan klien mendapatkan revisi, bisa saja proses pengerjaan mencapai satu bahkan tiga minggu untuk satu logo saja. Proses tersebut belum merambah ke tingkat kerumitan, seperti desain interior maupun desain 3D (tiga dimensi).

Poin-poin di atas pun belum  memasukkan anggaran biaya yang tidak tampak, seperti ide dan kreatifitas yang sulit untuk diukur dengan nominal. Paling tidak, dengan informasi ini memperjelas Anda ketika ingin menetapkan biaya jasa buat logo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *